Cara Mengganti Oli Motor

 

Bismillaahirrahmaanirrahiim

 

Assalamu’alaikum wr.wb.

 

Janam Janam Janam saath chalna yunhi

Kasam tumhe kasam aake milna yahin

“ehh ehh ehh bang lu ngapa nyanyi dah?”

Ehh iya hampura hampura, maklum bikinnya nyambi denger lagu Indiaan hahaha.

Tapi kenapa sih lagu India bagaikan narkoba diotak saya, nyandu bgt. Kenapaaaa????????

“udah bang udah gak usah bahas yang lain lain, fokus aja ke topik utamanya”

Eh iya iya maap namanya orang khilaf.


Seperti yang kita ketahui oli sangat berperan penting didalam kehidupan sebuah kendaraan baik itu motor maupun mobil kalo diibaratin manusia, oli itu macem apa ya?? 🤔 makanan? Minuman? Apa vitamin ya? F*ck gue ga ngerti pengibaratan gitu..... -_-



"Sok sokan bgt sih lu bang, biasa aja ngapa"

Yaudah yaudah saya biasa aja.

Udah kaya air mineral yang dijual diwarung warung dengan berbagai merk, oli pun sama seperti itu banyak dijual dengan berbagai jenis dan merk padahal mah ya tujuannya sama banget buat melumasi mesin dan juga berfungsi sebagai pendingin dan penyekat

Setiap menempuh jarak 2500km alangkah baiknya ini oli diganti dengan yang baru asalkan jangan ganti bini baru, walaupun kadang ada yg ngajurin 3000km cuma biasanya diposisi km segitu udah item dekil kaya pantat panci.

Sebagai pengguna motor sih pengen itu ganti oli tepat waktu demi menghindari hal tak diinginkan seperti hamil diluar nikah -_- tapi nih ya biasanya kalo udah waktunya duit selalu kepake gak tau buat apa aja itu dan paling nyisain recehan doang

Pengen kebengkel mahal, pengen ganti sendiri gak bisa.

Nah sebagai seorang rider juga sebenernya perlu bgt punya skill dasar montir macem ganti oli, stel kopling, stel rante jadi gak perlu buang buang duit buat ke bengkel.

Oke disini saya bakal kasih sedikit tips buat ganti oli. Buat contoh saya pakai model MX King karena yaa saya punyanya MX King. Pertama tama siapin dulu banda bandanya : Kunci Sok ukuran 19 / Kunci Pas ukuran 19 (tiap motor kayanya beda beda), Tang, Wadah untuk oli bekas dan yang paling utama Olinya.

- Berdiriin motornya / Standar tengahin motor

- Taruh wadah dibagian bawah tutup oli bawah

- Buka tutup oli bawah pakai kunci sok ukuran 19 berlawanan dengan jarum jam

- Buka tutup oli atas

- Biarkan oli keluar sampai benar benar habis kalau bisa disemprot dengan angin kompresor (tapi ada juga yg berpendapat jangan disemprot karna angin dari kompresor mengandung uap air) tinggal terserah kalian deh ikut aliran mana

- Sekiranya sudah habis ditutup lagi tutup oli bawahnya searah jarum jam (Ingat tutup dulu tutup oli bawahnya, jangan asal main tuang oli)

- Dituang olinya dari bagian atas, ya iya dong dari atas masa dari bawah.

- Terakhir ditutup lagi penutup oli atasnya dan kencangkan dengan Tang.


Yakkkk..... cukup sekian info yang dapat saya berikan siapa tau saja dapat bermanfaat untuk kaum noob noob seperti saya.


Wassalamu'alaikum wr.wb.

Comments

Popular posts from this blog

Kepoin Ban Asal Surabaya - Primaax SK 01

Lirik Lagu Tu Jo Mila dan Terjemahannya : Bajrangi Bhaijaan

Lirik Lagu Ishq Shava dan Terjemahannya : Jab Tak Hai Jaan