Tips Biar Tarikan Beat eSP Makin Enteng
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum wr.wb.
Honda Beat,
Siapa sih yang gak kenal sama matic yang satu ini? Salah satu motor matic yang susah banget buat dibalap kalo lagi di jalan raya.
"Ya iyalah bang gimana gak susah, orang setiap dibalap ehh depannya ada lagi itu motor"
Bagi kebanyakan orang mungkin sudah cukup puas dengan performa ini motor, khususnya saat dia berakselerasi. Ya memang saya akui motor ini cukup lincah saat akselerasi atau istilah udiknya tarikan bawah. Namun itu buat kebanyakan orang saja, tapi bagi segelintir pengguna Beat tidak beranggapan demikian termasuk juga saya.
Menurut saya tarikan Beat ini bisa dibilang kurang, malah saat kita ngebejek itu gas terasa ngempos atau kehilangan power.
"Bukannya kalo ngempos gitu karna jarang servis ya bang?"
Gak salah sih beranggapan demikian, tapi ini kan saya rajin servis rutin.
Nah jadi disini saya akan membagikan tips supaya tarikan Beat lebih enteng.
"Yaampun gue bacanya tip dong"
eh Bot tolil, itu tips.
***
- Roller
Buat yang belum tau, jadi ukuran roller standar Beat eSP ini 15 gram. Kira - kira kebayang gak tuh motor 110cc dijejelin roller 15 gram, yaa walaupun Honda dah ngereset itu secara matang. Cuma kalo dibandingin Mio M3 yang 125cc pake roller 12 gram kan jauh banget tuh bedanya.
Nah untuk mengatasi itu saya pakai Roller ukuran 9 gram merk MP1 yang saya beli seharga 80 ribu.
"Diendorse bang?"
Engga bege engga, ehh mudah - mudahan aja.
Tapi kalo ngikutin ukuran roller yang saya pakai terlalu ringan. Saya lebih menyarankan untuk pakai roller ukuran 12 atau 13 gram.
Kenapa sih harus ganti roller dengan ukuran yang lebih ringan?
Dengan mengganti roller yang lebih ringan, maka akselerasi awal akan terasa lebih ringan. Tapi dibalik itu semua ada kekurangannya, yaitu roller dengan ukuran yang lebih ringan akan cepat aus.
- Per CVT
Dengan mengganti roller yang lebih ringan, maka top speed pun akan jadi korbannya. Untuk menyiasatinya bisa mengganti per CVT yang lebih keras. Biasanya para pengguna matic mengganti per CVTnya dengan ukuran 1500 rpm, yang mana rata - rata matic disini menggunakan per CVT ukuran 1000 rpm dan bahkan ada yang lebih kecil.
Saya sendiri mengganti per CVT dengan kepunyaan CLD yang 1500 rpm. Dan saya membelinya dengan harga 45 ribu.
- Per Sentri
Dan untuk yang terakhir ini juga berfungsi untuk meningkatkan akselerasi motor. Sewaktu saya ke bengkel untuk memasang ketiga part ini, si mekanik bilang gini "Sebenernya mah a' pake per sentri bawaan juga gpp, cuma ini mah pelengkap doang. Tapi emang sih ganti ini juga bakal lebih enteng."
Hmm gimana nih menurut kalian tentang pendapat si aa mekanik?
Kalo yang masih kekeh pengen make, saya saranin pake ukuran yang 1000rpm atau 1500rpm aja. Karena kalo make yang lebih dari itu akan berakibat ke kampas dan mangkoknya.
Dan kali ini saya pake per sentri kepunyaan B-Pro yang 1500rpm yang saya beli dengan harga 25 ribu.
***
Lalu gimana dengan hasilnya???
1 hari, 2 hari emang masih belum berasa efeknya karena masih slip - slip gitu dah.
1 Minggu pemakaian saya coba buat ngayap ke Balebat 10 di Jonggol dengan trek yang cukup menanjak dengan berboncengan dan hasilnya menurut saya cukup memuaskan karena dengan sangat mudahnya melibas tanjakan demi tanjakan.
1 Bulan setelah pemakaian. Nah kali ini saya bawa si Beat buat coba trek yang lebih menantang yaitu ke Gunung Kuta bukan naekin gunungnya pake motor yak. Hasilnya pun memuaskan sekali. Beat ini sanggup melibas tanjakan demi tanjakan yang benar - benar curam padahal saat itu saya berboncengan dengan si botak. Bahkan di tanjakan pun saya mampu melibas Vario, PCX, Mio bahkan sesama Beat.
Kesimpulan
Perpaduan Roller 9gram, per CVT 1500rpm dan per sentri 1500rpm ini sumpah terasa banget perbedaannya, khususnya ditarikan awal. Cuma yaa ditarikan atas yaaa gitulah sedikit ngilang.
Yakkk,,, semoga info tadi bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Penulis : Yang Punua Blog
Sumber : Pengalaman
Comments
Post a Comment