Mengenal Istilah Cornering Serta Tipsnya
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat malam sohabat sohabatku tercinta.
"Anjir kok gue geli ya bang bacanya"
Yaudah gak usah dibaca. Dah lah langsung aja.
Yoo coy mungkin bagi para pecinta Moto GP banyak yang bertanya "kok bisa sih mereka menikung sampai rebah gitu tapi gak jatuh jatuh?" Nampaknya kalian sama seperti saya dulu. Tapi itu dulu yakkk, sekarang tentu tidak dong sayaaang malah sekarang jadi pelakunya.
Oke sini kita duduk bareng dan biar saya jelaskan suapaya gak pada bingung.
Gerakan menikung tersebut biasa disebut Cornering. Definisi lengkapnya yaitu teknik melahap tikungan dengan merebahkan posisi badan dan motor hingga miring. Gerakan cornering sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh para pembalap Moto GP atau Road Racer tapi saat kita berkendara juga pasti pernah melakukannya walaupun tidak seekstrim pembalap. Biasanya kita melakukannya saat melewati tikungan maupun mendahului kendaraan didepan, cuma dengan teknik berbeda.
Buat yang pengen nyoba cornering, nih saya kasih sedikit tipsnya :
1. Lakukan pengereman depan belakang serta turunkan gas sebelum memasuki tikungan. Buat pengguna motor gigi lakukan down shift atau penurunan gigi sesaat setelah pengereman.
2. Fokuskan pandangan ke tikungan atau jalan yang akan kita tuju yang penting jangan rumah janda yak.
3. Arahkan motor ke sisi luar terlebih dahulu untuk menuju ke sisi dalam tikungan.
"Lah ke jalur yang berlawanan dong bang?"
Bodoh!! Bukan lawan arah juga, tetep dijalur dong sayang.
4. Geset titik beban tubuh ke bagian dalam tikungan yang akan dilalui, istilah kerennya mah body steering. Nah ini nih saat saat yang paling keren saat cornering karena bener bener berasa jadi pembalap haha.
Tapi nih yaa kalo ente yang masih agak takut cukup geser posisi duduk aja.
Ohh iya biasanya nih yaa kalo pembalap bakal ngelebarin posisi kakinya biar dengkul itu nempel ke jalan.
5. Pas motor udah mulai ngerebah, ente bisa narik gas dengan lembut dan teratur demi menjaga kestabilan serta kecepatan motor.
6. Saat udah mau kelar itu tikungan baru deh balikin posisi duduk ente biar itu motor bisa berdiri tegak lagi.
"Ada yang tegak namun bukan keadilan"
7. Nah baru deh pas keluar tikungan tinggal terserah ente mau bejek bejek itu gas, mau ente apain kek terserah dah.
Yakkkk itu aja info tentang cornering beserta triknya semoga bermanfaat untuk ente semua.
Ohhh iyaaaa ada sedikit tambahan ni. Kalo ente mau belajar cornering juga kudu didukung sama ban yang cocok terutama yang soft compound karena dapat memberikan handling yang sangat baik. Seperti yang saya gunain saat ini Corsa R93 dibagian belakang dipadu Corsa R46 dibagian depan.
"Dapet endorse lu bang nyampe bawa merk gitu haha"
Yaa enggak sih cuma kan saya ngasih tau aja, tapi ya kalo mau diendorse sih gpp haha.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Kurang safety gear
ReplyDelete